Get me outta here!

Minggu, 24 Februari 2013

Waktu-Waktu Terkabulnya Doa

-->



Asslamu’alaikum wr.wb
Tidak ada sesuatupun yang lebih mulia menurut pandangan Allah dari doa.” (HR. Abu Dawud)
Bila salah seorang di antara kalian menginginkan (sesuatu), maka hendaklah dia memperbanyak (doa), karena dia sedang meminta kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi maha Mulia.” (HR. Thabarani)
Doa adalah harapan/keinginan seseorang dengan cara memohon dan meminta kepada Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Dan ternyata terdapat waktu-waktu yang tepat dalam berdoa lho?. Maksudnya sih biar cepet di ijabah gitu???, hehehe..
Emmmm.....memang sih Allah itu maha mendengar tapi tidak ada salahnya dong kita sesuaikan doa kita di waktu-waktu yang tepat. So, langsung saja deh kita cek ;)
Sesseorang yang berdoa hendaknya memilih waktu-waktu dimana doanya mustajab, misalnya sepertiga malam terakhir, dimana pada saat tersebut Allah akan berseru kepada hamba-Nya:
Siapa yang menyeru-Ku Aku perhatikan; siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri; dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari)
Waktu-waktu lain terkabulnya doa seseorang ialah waktu diantara adzan dan iqomah, sebagaimana tersebut di dalam sebuah Hadist: “Doa diantara adzan dan iqomah tidak tertolak.” (kitab Shahihu Sunani Tirmidzi dan kitab Shahihu Sunani Abi Dawud)
Tentang adanya adab doa ini Ibnu Al Qayyim dengan bagusnya berkata: “Bila seseorang telah berdoa dengan sepenuh hati menyampaikan semua yang dimintanya dan telah mencocoki waktu-waktu terkabulnya doa, yaitu waktu sepertiga malam terakhir, waktu dikumandangkannya adzan, waktu mulai saat naiknya imam berkutbah hingga selesainya shalat Jum’at, akhir waktu sesudah shalat Ashar, lalu doa tersebut dilakukannya dengan khusyu’, meminta belas kasihan di hadapan Allah, penuh ketundukan dan kerendahan, menghadap kiblat, dalam keadaan suci, mengangkat kedua tangannya ke langit, memulai doa dengan memuji Allah dan bershalawat kepada Nabi, sebelum berdoa dia bertobat dan memohon ampun kepada Allah, bersungguh-sungguh dan memulainya dengan membaca bismilah, berdoa dengan harap-harap cemas, berdoa dengan menyebut nama dan sifat-Nya, berdoa didahului dengan sedekah, maka bila seseorang telah melakukan semua itu hampir-hampir doanya tidak akan ditolak selama-lamanya.” (kitab Al Jawabu Al Kafi Liman Sa-ala ‘An Ad Dawa-i Asy Syafi)
Sudah tahu kan kapan saja waktu-waktu yang tepat untuk berdoa?. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wr.wb




0 komentar: