Get me outta here!

Rabu, 25 April 2012

Menjadi Orang Tua Yang Bijak...

Anak merupakan amanah dari Allah Swt yang harus kita rawat, didik, dan bimbing dengan penuh kasih sayang, bukan justru dibentak, disakiti, ataupun dibunuh. Orang tua merupakan panutan bagi anak, sedangkan orang tua yang bijaksana adalah yang tidak melepaskan atau melalaikan semua tanggung jawabnya yang harus diemban dalam rumah tangga, terutama dalam hal mendidik dan membimbing anak menuju jalan yang lurus.
Dalam hal mendidik dan membimbing anak memanglah tak mudah, hal ini sesuai dengan pepatah berikut :

“Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia akan belajar memaki. Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia akan belajar berkelahi. Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, ia akan belajar rendah diri. Jika anak dibesarkan dengan hinaan, ia akan belajar menyesali diri. Jika anak dibesarkan dengan toleransi, ia akan belajar menahan diri. Jika anak dibesarkan dengan dorongan, ia akan belajar percaya diri. Jika anak dibesarkan dengan pujian, ia akan belajar menghargai. Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baik perlakuan, ia akan belajar keadilan. Jika anak dibesarkan dengan rasa aman, ia akan belajar menaruh kepercayaan diri. Jika anak  dibesarkan dengan dukungan, ia akan belajar menyenangi diri. Jika anak dibesarkan  dengan kasih sayang dan persahabatan, ia akan belajar menemukan cinta dalam kehidupan.” (Dorothy Law Notle)

Begitu pula dalam kehidupan sehari-hari :

“Jika anak banyak dicela, ia akan terbiasa menyalahkan. Jika anak banyak dikasihani, ia akan terbiasa meratapi nasibnya. Jika anak serba dimengerti, ia akan terbiasa menjadi penyabar. Jika anak banyak diberi dorongan, ia akan terbiasa menghargai. Jika anak diperlakukan dengan jujur, ia akan terbiasa melihat kebenaran.” (Dorothy Law Notle)

Sejak kecil, anak mudah sekali meniru sesuatu yang ia lihat, dan menjadikan lingkungan sebagai model. Membiasakan anak dengan sesuatu dimasa kecil menyebabkannya sulit untuk meninggalkannya ketika sudah besar. Anak yang kurang mendapat perhatian dari orang tua akan menjadi anak yang jelek akhlaknya. Kini ku tau kenapa orang2 disekitarku ada yang bersikap seperti ini dan seperti itu, penyebabnya adalah karena mereka dibesarkan dengan cara yang telah disebutkan di atas. Begitu pula dengan diriku. 
Ahh…memang tak mudah untuk menjadi orang tua yang bijak. 

0 komentar: