Get me outta here!

Senin, 06 Agustus 2012

Surat al-Qur'an

Assalamualaikum wr.wb.

Ketika dengan khusyuk membaca Surat al-Qur’an maka kita akan diberikan rahmat terbesar dari Allah. Juga para malaikat pun hadir untuk memberikan taburan berkah yang sangat besar pada kita. Terutama pada bagian-bagian surat penting yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada setiap malam bakda shalat ashar, maghrib, atau subuh. Karena dalam surat-surat tersebut ada keutamaan besar yang sudah terbukti fadhilah-fadhilahnya. Di antara keutamaan-keutamaan tersebut misalnya:
v Surat al-Fatihah
Surat al-Fatihah sebagai pembuka cahaya langit ke tujuh. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Saw. yang berbunyi :
Malaikat Jibril berkata kepada nabi Saw: ‘ Aku akan memberi kabar gembira tentang dua cahaya yang dianugerahkan kepadamu, (yaitu) pembuka kitab al-Fatihah dan penutup surat al-Baqarah (ayat 284-286). Kamu tidak membaca satu huruf dari keduanya kecuali Allah memberikan kepadamu dua cahaya.” (HR. Muslim).
 “Orang yang membaca al-Fatihah pada penderita gigitan ular maka Fatihah itu dapat (menjadi obat) yang menyembuhkan. Ketahuilah bahwa Fatihah itu bisa digunakan sebagai jampi.” (HR. Bukhari).

v Surat al-Baqarah
Nabi Saw bersabda :
Pada saat turun surat al_baqarah, turun pada setiap ayatnya 80 malaikat.”
(HR Ahmad).
Barang siapa yang membaca surat al-Baqarah dirumahnya pada malam hari, setan tidak akan memasuki rumah itu selama tiga malam.” (HR. Muslim).
Barang siapa yang membaca surat al-Baqarah dirumah siang hari, setan tidak akan memasuki rumah itu selama tiga hari.” (HR. Muslim).

v Surat al-Kahfi
Rasulullah Saw bersabda :
Barang siapa membaca surat al-kahfi pada hari Jum’at, maka cahaya meneranginya di antara dua Jum’at.” (HR. Nasa’i).
Dari Abu Darda, bahwa Rasulullah Saw bersabda :
Barang siapa memelihara (menghafal) 10 ayat dari surat al-Kahfi, maka dia dijaga dari fitnah dajjal.” (HR. Muslim).

v Surat Yaasiin
Rasulullah Saw bersabda :
Setiap sesuatu mempunyai hati. Adapun hati al-Qur’an adalah Surat Yaasiin. Maka barang siapa yang membaca Surat Yaasiin, maka Allah menulis baginya (pahala) membaca al-Qur’an 10 kali, selain Surat Yaasiin.” (HR. Tirmidzi).
Dari Jundab Ra berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda :
Barang siapa membaca Surat Yaasiin pada malam hari hanya karena Allah Swt, maka Allah Swt mengampuni dosa-dosanya.” (HR. Malik dan Ibnu Hibban).

v Surat ad-Dukhaan
Rasulullah Saw bersabda :
Barang siapa yang membaca Surat al-Dukhaan pada malam Jum’at, Allah mengampuni dosa-dosanya.”
Barang siapa yang membaca Surat ad-Dukhaan pada malam hari, 70.000 malaikat memohonkan ampunan untuknya.” (HR. Tirmidzi).

v Surat al-Waaqi’ah
Rasulullah Saw bersabda :
Barang siapa yang membaca Surat al-Waaqi’ah setiap malam, ia tidak akan mengalami kefakiran (kemelaratan).” (HR. Baihaqi dari sahabat Ibnu Mas’ud Ra).

Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum, wr.wb.

0 komentar: