Get me outta here!

Selasa, 07 Agustus 2012

Surat al-Waaqi'ah


Assalamualaikum wr.wb.

Apabila ada sebagian kaum muslimin mau mengistiqamahkan membaca Surat al-Waaqi’ah di malam hari secara terus-menerus, maka dirinya akan terhindar dari penyakit fakir. Hal ini sebagaimana hadist yang berbunyi “Barang siapa yang membaca Surat al-Waaqi’ah pada tiap malam niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya.”

Rasulullah Saw sangat menganjurkan untuk selalu membaca Surat al-Waaqi’ah pada tiap malam karena fadhilah yang terdapat dalam surat tersebut sungguh untuk melancarkan jalannya rezeki, sehingga yang mengamalkan akan terhindar dari kefakiran.

Mengenai hitungan atau jumlah berapa kali kita harus membaca Surat al-Waaqi’ah diwaktu malam, tidak ada anjuran secara jelas dalam hadist tersebut. Namun, banyak para ulama (yang menekuni hikmah) memberikan anjuran untuk membaca Surat al-Waaqi’ah delapan kali, enam belas kali, atau bahkan berkali-kali sesuai dengan kepentingannya. Namun Surat al-Waaqi’ah jika dibaca lebih banyak maka akan semakin baik.

Waktu malam dinyatakan sebagai waktu yang istimewa, sebab didalamnya terdapat banyak kemuliaan yang sengaja dipersiapkan buat hamba-Nya yang mau menggunakan waktu tersebut dijalan kebenaran dan keridhaan-Nya.

Sungguh ketika seorang hamba mau menggunakan waktu malam dengan aktivitas sekaligus merutinkan membaca Surat al-Waaqi’ah secara tekun dan beraturan, Allah akan memberikan segala kemudahan rezeki.

Membaca Surat al-Waaqi’ah juga bisa dirutinkan setelah seseorang menunaikan shalat ashar. Waktu ashar adalah sangat baik untuk bertasbih dan berdzikir dalam rangka mengingat Allah. Karena itu, berdzikirlah dengan ayat-ayat Allah (Surat al-Waaqi’ah) untuk meminta keberkahan kepada-Nya dari segala kemudahan rezeki dengan penuh kesabaran.

Selain itu, waktu subuh adalah waktu yang istimewa, karena di dalam waktu itu malaikat turun menyaksikan sekaligus mendoakan seorang muslim yang mengerjakan shalat subuh. Jika kita mau istiqamah mambaca Surat al-Waaqi’ah di waktu subuh, sama halnya kita mau memperbaiki nasib sebelum aktivitas kerja dimulai.

Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum, wr.wb.

0 komentar: